Kamis, 28 Februari 2013

PHi EDISI 1/Februari 2013



 Artikel Utama : Himatika? Selalu Lebih Baik, yes!!!!



Peran penting keberadaan himatika berdampak dapat merangkul semua warganya pada tujuan yang selaras dan melahirkan banyak ide positif untuk perubahan lingkungan sekitarnya. Himatika berdiri untuk kemaslahatan semua warga Prodi Pendidikan Matematika, dibentuk pada tanggal 2 Desember 1999, sebagai sarana aspirasi mahasiswa terhadap perkembangan dunia matematika yang realistik.


Himatika membukakan pintu selebar-lebarnya dan memberikan kesempatan kepada warga himatika yang merasa bingung dengan permasalahan yang ada pada Prodi Pendidikan Matematika, khususnya untuk adik-adik tahun pertama.

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan pepatah yang sering kita dengar di setiap kali kita mulai berjabat tangan untuk saling mengenal satu sama lain. Ta’aruf yang kini menjadi topik utama dari buletin edisi kali ini, guna memperkenalkan seluk beluk munculnya himatika dan memperat ikatan ukhuwah yang telah kita mulai di saat pertama kali menjadi bagian dari warga himatika. Kini prodi matematika telah menjadi pilihan kita untuk mengembangkan pendidikan menuju lebih baik, oleh karena itu tekadkanlah dalam hati bahwa himatika itu lebih baik.

Slogan Himatika terdengar dengan gempar di hati setiap warganya, “Himatika!! Selalu Lebih Baik, yes!!!”. Teriakan keras muncul dengan sendirinya dari semangat diri warga himatika, sebagai suatu bentuk kekompakkan demi memotivasi menjadi pribadi yang lebih unggul dalam menyeimbangkan berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik dengan jurusan yang lain.



Berperan menjadi akar yang kuat sebagai dasar yang kekar, himatika bertanggung jawab mewujudkan berbagai aspirasi suara warganya dalam bentuk silaturrahmi dan membangun program-program kerja yang merujuk pada kegiatan kejurusan, “buatlah perubahan baru dengan kegiatan-kegiatan yang lebih menekan pada kegiatan akademik, supaya muncul bibit terbaik dari mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika”, ungkap Bpk. Hasan Basri selaku Pembantu Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ketika menyampaikan sambutannya pada pelantikan pengurus himatika.

Unggul, professional dan berkualitas merupakan tujuan utama himatika untuk membentuk mahasiswa matematika berkarakter matematis.

Memulai dengan kata Bismillahirrahmannirrahim, gertakkan dalam hati kita masing-masing bahwa kini kita telah menjadi warga himatika, maka tunjukkanlah loyalitas kita dengan menjaga nama baik himatika, berpartisipasi mendukung dan mengembangkan himatika secara bersama-sama dan mengikutsertakan sifat matematikawan yang realistis, logis, teliti dan jujur.(Annisa E.Fauziah)
Sejarah Himatika

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Uin Sunan Gunung Djati merupakan organisasi tingkat Prodi. Pada tahun 1996 Jurusan Matematika didirikan di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Lalu pada tanggal 10 November 1998 terbentuklah HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika). Namun barulahan pada tanggal 2 Desember 1999 terbentuklah HIMATIKA sebagai organ baru bagi Mahasiswa Matematika UIN SGD Bandung. Dan sesuai dengan MUSYAG HIMATIKA tanggal 14 Januari 2007 HIMATIKA menjadi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Maka dari itu, kami selalu memperingati tanggal 2 Desember sebagai hari lahir HIMATIKA. Tetaplah jaya Himatika, sesuai dengan lirik yang tercantum di Hymne Himatika. (Ratna Sari)


Humor
Di senayan ada konser COKELAT, ANANG sama GIGI. Tapi katanya si ANANG ngambek gak mau manggung! Panitia jadi Resah kenapa Anang jadi Plin Plan dan Belagu. Selidik punya selidik... Ga taunya Anang ngambek karena di spanduk tertulis : 'SAKSIKAN...!! GIGI ANANG COKELAT''
 
Event : MABIM 2012 Masa Bimbingan Mahasiswa Baru Himatika


 
Akhir tahun 2012 lalu, Himpunan Mahaiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) UIN SGD Bandung, telah melaksanakan Masa Bimbingan (MABIM) atau yang lebih dikenal dengan istilah OSPEK JURUSAN.  Acara tersebut diikuti sebanyak 86 peserta dan dilaksanakan dalam dua sesi, Yakni pada Tanggal 28 Desember 2012 di Aula FTK UIN SGD Bandung, dan Tanggal 29-31 Desember 2012 di Katumiri, jalan Cihanjuang – Cimahi.
Tak berbeda dengan ospek pada umumnya, para peserta diharuskan memakai atribut yang berkenaan dengan jurusan mereka. Hal ini dimaksudkan agar para peserta lebih memahami pengaplikasian teori-teori matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Di hari pertama, para peserta mendapat materi dari para pemateri diantaranya: tentang keprodian, administrasi perkuliahan, sejarah HIMATIKA, sharing dengan kakak tingkat, sampai pengenalan para panitia MABIM, dll. Kemudian Ketua Jurusan Pendidikan MIPA berpesan dalam sambutannya: “Ikutilah rangkaian acara mabim ini dengan penuh semangat dan semangat terus dalam perkuliahan agar cita-cita Anda semua berhasil, Amien……” Tutur Dra. Hj.Nunung Sobarningsih, M.Pd. 

Hari ke-2 mabim dilaksanakan di outdor (katumiri) jalan Cihanjuang-Cimahi. Disana para peserta melalui berbagai pelatihan, game sebagai pertanda kekompakan tim, bahkan mereka diajarkan tentang teknis persidangan. Tak sedikit dari mereka yang merasa kelelahan karena mengikuti rangkaian acaranya, walaupun begitu mereka tetap semangat sampai akhir. Dan setelah dibimbing teknis persidangan, akhirnya atas nama Abdul Rahman Sidik dari kelas B terpilih menjadi ketua angkatan mahasiswa prodi pendidikan matematika tahun 2012.

Hari terakhir, mereka mengikuti outbond dan harus melewati beberapa pos yang setiap posnya mereka diberikan pertanyaan dan games lainnya.


Senin, 31 Desember 2012 sekitar pukul 14.00 rangkaian acara masa bimbingan (mabim) ini akhirnya selesai, semua perserta maupun panitia bersiap untuk pulang ke kampus. Rasa lelah, kesal, lapar, dan rasa ingin pulang akhirnya tak dirasakan lagi, semua merasa lega karena pulang dengan membawa segudang pengalaman yang mungkin tak mudah dilupakan. (liputan Bang Aziz)
Ayo ujang-eneng,,, semangat.!!!
makasih akang-teteh,,, muach muach_ hehe
Salam…..

Apa Kata Mereka???

Pertanyaan

1. Apa yang kamu ketahui tentang ta’aruf  himatika?
2. Apa hikmah dari ta’aruf  himatika?


Lilis Nurasiah (kelas A’2012)

1.  Ta’aruf itu perkenalan, saling mengenal satu sama lain untuk mempererat tali silaturrahmi antara warga dengan pengurus himatika. Sebagai sarana untuk saling sharing dan bertanya bagi mahasiswa baru prodi pendidikan matematika ketika menghadapi kesulitan.
2. Dengan adanya ta’aruf, sebagai warga himatika pastinya akan lebih mengenal dan tahu lebih dalam mengenai perkembangan prodi pendidikan matematika untuk sekarang dan kedepannya serta bisa ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan.




Ardiansyah (Kelas A’ 2011)

1. Ta’aruf merupakan sebuah ajang kesempatan yang sering dilaksanakan oleh setiap organisasi, seperti himatika untuk mengenal kan tentang himatika maupun prodi pendidikan matematika secara mendalam.
2. Hikmah yang saya dapatkan adalah kita akan saling mengenal  dan memperkuat ikatan kekeluargaan yang erat  sehingga hilanglah rasa canggung  ketika bertemu dengan sesama warga  himatika baik kakak maupun adik tingkat dan menjadikan kita lebih akrab.

Lina Hanifa(Kelas A’2010)
1.Ta’aruf himatika yaitu proses saling mengenal antar sesama mahasiswa pandidikan matematika baik mahasiswa baru maupun mahasiswa angkatan sebelumnya sehingga menimbulkan kerja sama dan tali persaudaraan, juga dapat mengenal staf dosen di pendidikan matematika.
2. Hikmah dari ta’aruf  himatika diantaranya yaitu selain kita bisa mengenal antar sesame mahasiswa pendidikan matematika kita juga bisa mengetahui ilmu-ilmu apa saja yang bisa kita dapatkan di pendidikan matematika, juga dapat memperkukuh tali persaudaraan kita.



Wildan Solihan (Kelas B’2010)

 1. Ta’aruf itu proses perkenalan seseorang atau lembaga kepada yang lain baik individu maupun kelompok secara informal maupun dalam sebuah forum.
2. Hikmah ta’aruf itu selain bertambahnya teman atau kenalan tapi juga bisa menambah ilmu lewat ta’aruf tersebut atau setidaknya informasi yang berharga untuk kita.
Text : Annisa E.Fauziah




Ssstt…
Karya : Jayeng P/2010
Ssstt...
Inikah yang dinamakan cinta tak bernegasi??
Lingkaran waktu semakin menegakkan perasaan ku pada mu
Operasi tambah, kali dan kuadrat selalu memperbesar nilai dihati ku
Variabel suka berintegral jadi cinta juga sayang
Entah harus bagaimana, aku mendefinisikan rasa ini pada mu...
Ssttt...
Mungkin cinta ku ini bagai garis, lurus tak pernah berujung
Angka cinta ku ini equivalen dengan nilai tangen 90°
Tapi aku yakin, nilainya akan jadi bilangan terbesar jika rasa ini dibalas oleh cinta mu juga.
Hati ku ditambah hati mu, jadi satu...

Karya Warga

Bagi rekan-rekan warga Himatika yang ingin hasil karyanya seperti puisi, cerpen, artikel, komik dll dipublikasikan di buletin, mading atau blog Himatika, silahkan kirim  ke email resmi PHi :
Atau simpan karya kamu ke dalam kotak bundelan karya yang sudah tersedia di sebelah mading Himatika. Info lebih lanjut hubungi :
Pers Himatika 085697113997

Tips


Tatalah Lingkungan aktivitas kamu sobat!!!

Kamu pasti memiliki ruangan dan tempat untuk beraktivitas secara rutin kan??. Pastikan oleh kamu bahwa ruangan tersebut mendorong ide dan pikiran kamu ya sob mengalir keras hingga muncul energi kreativitas kamu. Lingkungan yang kamu tempati berpengaruh besar terhadap kreativitas, lingkungan mempengaruhi suasana hati dan cara pandang kamu sob. Oleh sebab itu, supaya daya rangsangnya tinggi, lingkungan atau ruangan kamu harus tertata dengan baik dan semenarik mungkin.
Apabila anda punya ruangan sendiri dalam beraktivitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan….baca ya sob..!!!pasti bermanfaat..
¨ Pencahayaan → Cahaya merupakan sumber alami energi kreatif, cahaya matahari yang terang memiliki kaitan biologis dengan tubuh dan pikiran kamu. Kata Jane Hyman, cahaya matahari tidak hanya mengatur irama harian berulang yang menentukan siklus tidur dan bangun tubuh kamu. Tapi cahaya matahari pun mempengaruhi selera makan, suasana hati, dan produktivitas kamu.
¨ Warna → Kamu tau gak bahwa warna berpengaruh pada semangat kamu?? Ada warna-warna tertentu lho! Yang membuat anda penuh energi dan punya efek menyenangkan. Apabila akan menggunakan warna sebagai sarana menciptakan lingkungan agar menjadi pemompa kreativitas, kamu warnai sebagian ruangan kegiatan kamu dengan warna yang dapat membentuk suasana yang ingin anda dapatkan.
1. Bila ingin mendapatkan suasana gairah  dan bersemangat, anda dapat menggunakan warna cerah seperti merah, jingga, kuning dan cokelat, karena menurut ahli warna-warna tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan kamu sobat.
2. Bila ingin mendapatkan suasana lebih tenang dan sejuk, gunakan warna seperi biru, hijau dan abu-abu. Warna-warna ini dapat membantu kamu lebuh konsentrasi dan tenang.
Ron Gross menyebutkan kombinasi warna yang bermanfaat untuk dijadikan inspirasi suasana ruangan kamu. Untuk mendapatkan suasana penuh energi, anda dapat menggabungkan warna jingga dengan putih.

· Untuk mendapatkan suasana dinamis,gabungkan warna merah dengan jingga, jingga dengan biru, dan hitam dengan kuning.
· Untuk mendapatkan suasana segar, anda dapat menggabungkan kuning dengan hijau, biru dengan abu-abu atau hijau dengan putih.
3. Musik
Bagi kamu yang tidak senang beraktivitas belajar umpamanya pada keheningan, suasana music dapat dijadikan “teman” menggali inspirasi dan kreativitas.
4. Aroma
Para ahli menemukan bahwa  bebauan atau aroma dapat merangsang bagian otak-sistim limbik yang bekerja atas emosi dan ingatan primitif. Akibatnya, segunung emosi  kamu dapat tergugah karena mencium bau atau aroma tertentu.
5.Makanan
Karbohidrat menyebabkan kantuk, artinya jika kamu memakan roti isi yang besar atau makan siang dengan daging dan kentang akan mengurani energi kreatif. Protein meningkatkan energi  kesiagaan sedangkan lemak menumpulkan ketajaman mental. Pola makan baik adalah makan buah-buahan dan sayuran. sumber( The Nine Golden Ways)


PRESTASI HIMATIKA:
TIM VOLI HIMATIKA MERAIH JUARA I LIVOLI-AJ 2012

Menutup tahun 2012 ini ternyata tidak menyulutkan semangat TIM VOLI HIMATIKA. Mereka berhasil mengukir satu lagi prestasi di akhir tahun ini. Pertandingan yang diselenggarakan oleh ???
Setelah persiapan yang cukup lama, yaitu selama 1 bulan kebelakang ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Latihan rutin para atlet voli HIMATIKA ini biasa dilakukan 3 kali dalam 1 minggu jam 08.00 WIB di Lap. Polsek Panyileukan. Para atlet yang mendaftarkan di Pertandingan LIVOLI-AJ 2012 sendiri berjumlah 9 orang. Diantaranya Henny Susilawati (Smt.6A), Zenny Virgian (Smt.6B), Risma Amalia (Smt.4A), Chita, Intan, Hilda, Sri, Mayang Sinta dan Hesti Rinjani (Smt.6A).
Ternyata bukan hanya meraih Juara I saja, tetapi juga pemain terbaik diraih oleh atlet HIMATIKA yang bernama Henni Susilawati. “Rumus untuk dapat menjadi pemain terbaik adalah latihan dengan rutin agar bisa bermain bagus saat bertanding, mempertahankan latihan fisik dan juga tentunya faktor keberuntungan. Hehe..” ujarnya ketika diwawancarai di depan Masjid Iqamah.
Selain  prestasi ini, ada juga beberapa prestasi yang pernah diraih oleh TIM VOLI HIMATIKA ini. Diantaranya:
Juara 2 Dekan Cup tahun 2010
Juara 2 LIVOLI-AJ tahun 2011
Juara 1 Dekan Cup Education Fair tahun 2011
“Saya mewakili seluruh anggota Tim Voli Putri HIMATIKA yang mengikuti LIVOLI-AJ Tahun 2012 mengucapkan banyak terima kasih kepada para supporter yang hadir dan mendukung Tim kami selama pertandingan peyisihan sampai pertandingan di laga Final.” Ujar mamih Henny, yang merupakan sapaan akrabnya sejak SMP.(Rini Srimulyani)
Asah Otak

Jawab ya…...
Sebuah bilangan terdiri dari 4 angka, terdiri dari dua angka ganjil dan dua angka genap. Jika angka pertama ditambah angka kedua, maka hasilnya sama dengan angka ketiga. Jika angka pertama ditambah dengan angka ketiga, maka hasilnya sama dengan angka keempat. Jika angka kedua ditambah angka ketiga, maka hasilnya sama dengan angka kedua ditambah angka ketiga. Jumlah keempat angka adalah 10. Berapakah bilangan tersebut?




Kata Mutiara

Terimalah keadaan apapun yang sedang Anda alami,
bekerja keraslah dan jadilah pribadi yang kuat karena tenaga dari rencana-rencana Anda.
Jadilah pengubah keadaan dan bukan menjadi korban dari perubahan.

Mario Teguh 


SEPUTAR MATEMATIKA
"Misteri Angka 123 Dalam Matematika"
 

Sekarang cobalah ambil kertas dan tuliskan bilangan angka berapapun jumlahnya, boleh dari 1 angka hingga tak terhingga.
Sebagai contoh dalam tulisan ini, angka yang diambil adalah 158.261
Kemudian hitunglah jumlah angka genap, angka ganjil dan jumlah total bilangan angka tersebut. Dalam hal ini, kita akan mendapatkan:
- 3 digit angka genap ( 8, 2 dan 6 )
- 3 digit angka ganjil ( 1, 5 dan 1 )
- 6 digit  total keseluruhan jumlah angka
Berikutnya ambil dan gabungkan setiap jumlah digit diatas sebagai digit baru, maka akan didapat angka 336
Langkah selanjutnya adalah ulangi langkah no.3 diatas yaitu hitung jumlah angka genal, ganjil dan jumlah total bilangan.
HASILNYA adalah 123

Tambahan:
Jika hasil yang didapat belum 123, maka ulangi terus langkah no.3. Pada jumlah bilangan yang cukup banyak, terkadang diperlukan 3x atau lebih pengulangan.

Melalui metode diatas berapapun jumlah angka / bilangan yang anda ambil, akan selalu mendapatkan hasil akhir yang tetap sama, yaitu angka 123! Untuk membuktikannya, silakan anda gunakan jumlah angka yang sangat banyak, misalkan:

1254852694125624852264145252245412552144556666214 12521

Silahkan dicoba!!!
Demikianlah informasi mengenai Misteri Angka 123 Dalam Matematika. Semoga menambah wawasan :-)



PROFIL: KETUA HIMATIKA PERIODE 2012-2013


Kalian pasti telah mengenal sosok Ketua yang satu ini. Ya, dialah Muhammad Sufyan Assaury yang lebih akrab disapa Sufyan dan kini menjabat sebagai Ketua HIMATIKA PERIODE 2012-2013. Sufyan ini ternyata memiliki hobi berolah raga dan nonton. (Wahh..ternyata P’Ketu suka nonton juga yaa..hhe). Prinsip hidupnya ialah selalu menjalani hidup ini dengan penuh perjuangan. Luar biasa bukan...karena dengan perjuangannya pula saat ini ia bisa berhasil menjabat sebagai ketua.
Sosok kelahiran Bandung, 23 November 1992 ini ternyata merupakan lulusan MAN DARUSSALAM Ciamis dan kini sedang menjalankan study S1 nya di UIN tercinta ini. Ia bercita-cita menjadi Dosen atau Guru Besar. Aamiin...semoga tercapai yaa pak..
Harapan Pak Ketu sendiri untuk HIMATIKA kedepan adalah benar-benar menjadikan HIMATIKA sebagai wadah untuk belajar berorganisasi dengan baik, juga sebagai wadah untuk mengembangkan potensi serta untuk menjalin kekeluargaan antar sesama warga HIMATIKA. Ia pun berharap HIMATIKA bisa menjadi yang terbaik khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan umumnya di Universitas tercinta ini...
HIMATIKA...selalu lebih baik...yess...(Rini Srimulyani)
^^"

Saur Warga

Bagi rekan-rekan warga himatika yang ingin menyampaikan kritik, saran ataupun unek-unek tentang himatika atau Prodi Pendidikan Matematika silahkan kirim pesan dengan format :
Comment(spasi)Nama/Semester/Kelas(spasi)Komentar ke Nomor 085697113997 atau
Bisa juga langsung simpan ke dalam kotak saran di sebelah mading Himatika (depan Lab. Pend. Matematika).
Salam
Pers Himatika 2012-2013


Info:
KPPM Himatika
Sehubungan akan diselenggarakannya program donor darah oleh bidang KPPM Himatika bekerja sama dengan PMI Bandung pada hari Rabu, 27 Februari 2013 di Aula UIN Sunan Gunung Djati Bandung mulai pukul 09.00 WIB kami mengajak seluruh warga Himatika untuk berpartisipasi mendonorkan darah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkannya.
Untuk pendaftaran hubungi ;
Suherman(A’Suhe) 085722642852
Tetes Darahmu , Nyawa Bagi Mereka..^_^
Salam KPPM
PHi Crew
Penanggung Jawab:
Muhammad Sufyan Assaury
Pemimpin Redaksi:
Annisa Eprila Fauziah
Staf Redaksi:
Ratna Sari, Jayeng Permana,
Rini Srimulyani, Abdul Azis
Contact : 085697113997
Email :
Facebook :
HIMATIKA UIN BANDUNG ON FACEBOOK
Twitter :
@himatikauinbandung
Blog :
himatikauinbandung.blogspot.com










 



Himatika

Author : HIMATIKA UIN BANDUNG


Saat ini anda sedang membaca artikel yang berjudul PHi EDISI 1/Februari 2013, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar yang telah disediakan...

::Terima Kasih !::

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

 

About HIMATIKA

HIMATIKA

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati merupakan organisasi tingkat Prodi yang lahir pada tanggal 2 Desember 1999....Read More

Member of Himatika

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Total Page Views